Flash Mob Sebuah Fenomena

Flash Mob Sebuah Fenomena

Flash Mob dari seni menjadi media promosi ?

Jika jaman dulu kita kenal dengan Happening art, kini kita disuguhkan dengan seni yang hampir mirip happening art; Flash Mob. Bagi anda yang belum tahu apa itu Flash Mob, saya akan sedikit paparkan sejarah Flash Mob.

Flash mob pertama kali di buat di Manhattan pada Mei 2003 oleh salah satu senior editor Harper’s Magazine, yang bernama Bill Wasik.  Awalnya merupakan sebuah usaha untuk mengumpulkan orang – orang lewat media sosial. Percobaan flash mob yang kedua berlangsung pada 3 juni 2003 di Macy’s department store.   Awalnya ternyata merupakan sebuah usaha dari seorang marketing untuk menarik perhatian sebagai media promosi dengan menempatkan orang-orang sebagai pembeli dalam sebuah kelompok.

Jika kita perhatikan pada beberapa video di Youtube, beberapa memang merupakan semacam Happening Art di sebuah pelataran umum yang penuh massa. Menurut saya sebenarnya jenis Flash Mob inilah yang merupakan Seni mempengaruhi massa. Betapa sebuah emosi massa dapat dipengaruhi oleh sebagian orang yang memang telah mempersiapkan sebuah atraksi. Flash Mob dinilai berhasil ketika massa yang ikut terlibat menjadi bertambah . Biasanya Flash Mob hanya berlangsung sesaat, sesuai dengan namanya  ” Flash “.

Sebenarnya hal ini bukan sesuatu yang asing di negara kita, bagaimana sebuah aksi beberapa orang yang bisa mempengaruhi massa telah berlangsung sejak dulu jika ada suatu kejadian di jalanan misalnya.  Psikologi massa inilah yang dimanfaatkan sebagian orang kreatif untuk dijadikan ajang promosi .

Jika di kota kota sekarang sudah terbiasa dengan Car Free Day, maka sesungguhnya budaya Flash mob sudah ada pada beberapa kota mungkin tanpa disadari bahkan di kota kelahiran saya : ” Kuningan “.  Hanya saja aksi Flash Mob yang ada masih malu malu tanpa bisa menyedot massa untuk bisa ikut menari bersama.

Mari kita lihat aksi aksi Flash mob di negeri lain:

Flash Mob

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s